Surat Kecil Dari Tuhan_Karya Ilma Kamalia


Kehidupan Manusia diibaratkan seperti roda yang berputar kadang dibawah dan diatas. Siapa yang akan tau tentang alur kehidupan?,hanyalah Allah sang pencipta alam semesta. Manusia mungkin dapat merencanakan sesuatu,tetapi jika allah berkehendak lain,kita hanya bisa pasrah.begitu banyak cara allah memberikan ujian dan cinta kepada hambanya,.

MUHAMMAD SYAFIQ seorang santri yang telah mengkhatamkan 30 juz alquran dan kini telah mengabdi menjadi guru di pondok pesantren tahfidz quran tempat ia belajar,ia bersama ustadz idhom yang selalu membantu ustadz syafiq.Semenjak kedua orang tuanya meninggal,ustadz Syafiq menjadi guru serta kepala keluarga adiknya,ANANDA ELMA, adik perempuan seorang hafidz,,yang baru duduk dibangku pesantren 1 tahun yang lalu,yang dikenal menjadi santri pemalas dibandingkan dengan  kakaknya.bagaimana sikap ANA dan FIKA terhadap teman nya yang pemalas?,dan bagaimana kehidupan seorang santri kakak beradik yatim piatu  kedepannya seperti apa.

BERSIAPLAH MENIKMATI HANGATNYA  SEBUAH MAKNA DARI ARTI KEHIDUPAN DI TANGAN ANDA.

Mentari pagi telah terbit,terdengar alunan ayat  AL-QURAN yang begitu adem disebuah mushola.ANA DAN FIKA yang berlari dengan kencang untuk datang ke mushola tersebut dengan mengajak elma untuk berlari,lain hal dengan Elma yang berjalan santai dengan memakan jajannya.

Sesampainya dimushola  ana dan fika mengambil tempat dan memulai murajaah dan ziyadah membuat satu lembar setoran untuk nanti sore.beberapa menit kemudian ustadz syafiq dan ustad idhom datang untuk mengecek santrinya yang murajaah.Ustadz syafiq menyimak santri yang siap untuk setoran dan ustadz idhom yang mengecek kehadiran santrinya.  Ketika ustadz idhom berkeliling mengecek santrinya,beliau melihat elma yang duduk sambil tidur dengan alquran dimejanya.ana dan fika selaku teman el, mencoba untuk membangunkan elma agar ustadz idhom tidak mengetahui el yang tertidur.tetapi el tidak terbangun,sampai ustadz idhom menyabitkan sajadah di punggung el seketika itu el terbangun.Setelah waktu murajaah dimusholah selesai,santri lainnya pun kembali kekamar masing-masing dan melanjutkan setoran untuk nanti sore. 

“mengapa kalian tadi,tidak membangunkan aku?,”tanya el  ke  temannya. “pala lu peang,,kita sudah membangunkanmu sampai ustadz idhom datang memukulmu.”jawab ana. “udahlah sudah terjadi”berbicara dengan menyesali perbuatannya. “kejadian tadi  jangan sampai terulang kembali lagi ya el!.” Ucap fika kepada el.

Waktu sore pun tiba dan  setoran satu lembar pun akan dimulai,tetapi el yang belum memiliki setoran,ia meminta ana dan fika  untuk mengijinkan nya dengan alasan sakit,tetapi temannya tidak akan melakukan hal sebodoh itu,lalu mereka memarahi el untuk tetap ikut setoran seberapapun setorannya.dengan rasa takut elma tetap ikut setoran sore hari.mereka pun bergegas pergi ke mushola ,setelah sampai ke mushola santri-santri menunggu kedatangan ustadz.waktu setorannya dimulai semua santri mengantri dengan urutan nama yang akan dipanggil.

“ananda elma..” panggil ustadz syafiq

Dengan jalan menggunakan lutut,elma pun maju kedepan untuk setoran .elma memulai dengan “bismilah”...sesampainya beberapa ayat yang telah dihafal, elma berhenti pada hafalan yang belum dihafal.

“afwan ustadz,ana baru hafal segitu”permohonan maaf elma dengan wajah yang gemetar.

“untuk hari ini,kamu saya maafkan,tetapi besok saya akan menghukum kamu jika hal seperti ini terulang kembali,semangat terus yah dek,jangan sampai putus asa”. Jawab ustadz syafiq{kakak elma}.

“nggeh ustadz”jawab elma dengan menunduk.

Setelah semua santri telah melakukan setoran,mereka kembali ke asrama nya masing masing.dan beristirahat.paginya elma mendapat kabar dari ustadz idhom bahwa  ustadz syafiq {kakaknya el} dibawa ke RS, ia  jatuh sakit karena penyakit asam lambung yang diderita 3 tahun lalu kambuh. Allah berkehendak lain,diusia ustdz syafiq yang begitu masih muda,beliau telah berpulang ke rahmatullah{meninggal} saat dalam perjalanan menuju RS.

Pipi elma berderai air mata karena kakaknya selaku ayah dan guru nya telah pergi meninggalkannya,semenjak itu elma menyendiri dan hafalan nya kacau .fika dan ana yang ikut sedih menenangkan elma agar tidak terlarut dalam kesedihannya.

“kamu jangan terus-terusan bersedih seperti ini,kamu harus ikhlas dan bersabar,apapun yang terjadi padamu sekarang kamu harus kuat,dibalik semua ini pasti ada hikmah yang bisa kamu ambil”.penenang fika

“aku belum bisa membahagiakan kedua orangtuaku dan kakakku,tetapi mereka telah pergi terlebih dulu,hiksss”.dengan nada yang sedih elma

“kamu bisa membahagiakan keluargamu bukan hanya didunia saja,ingat kamu punya hafalan dan kamu harus menjaganya agar keluargamu yang telah pergi akan bahagia disana{akhirat}.kamu yang pemalas harus berubahlebih baik lagi dari sebelumnya,dan semangat untuk target hafalanmu.” Ucap fika dengan memberikan motivasi kepada elma

terdiam sejenak,dan berfikir (elma)

“aku kembali dulu ke asrama,assalamualaikum.”dengan mengusap pipi yang meneteskan air mata lalu bergegas pergi dengan cepat.

Malam dimana elma Terbangun lalu bergegas mengambil wudhu dan melaksanakan solat malam,lalu fika dengan tersenyum ketika melihatnya.elfa melakukannya dengan setiap hari,ada perubahan pada diri elma yang pemalas menjadi rajin,bahkan ia telah ziyadah hampir 29 juz dalam waktu 2 minggu.ustadz idhom pun terkesan melihat perubahan elma.

“besok kamu bisa mengkhatamkannya 30 juz el”kata ustadz idhom.

dengan mata yang berbinar dan tersenyum”nggeh ustadz”jawab elma.

keesokan harinya elma pun mengkhatamkan 30 juz dalam waktu 3 minggu.ia pun menangis dengan memeluk foto kedua orang tuanya dan kakaknya.dan teman temannya pun ikut senang atas keberhasilan elma.

Pesan: jangan menunggu sukses,jika kamu malas.teruslah berusaha jangan putus asa untuk sebuah kesuksesan  yang kalian impikan.

0 Komentar