Kelas Fasilitator, Cara Rayon Nyi Ageng Maloka Mencetak Pengkader Yang Hebat


Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Nyi Ageng Maloka Komisariat Al-Kamal pada Jumat-Sabtu (2-3/8/2022) menggelar Kelas Training dengan tema "Mencetak Kader Fasilitator yang Cakap, Handal dan Berkualitas" dalam bentuk dialog.

Pembukaan dihadiri oleh Kepala Sekolah SDN Tanjung Sari, Pak Agus, para pengurus Komisariat serta para peserta yang diundang oleh panitia pelaksana dan diikuti Rayon Pangeran Wiranegara.

Pelatihan tersebut diprioritaskan untuk pengurus Rayon dan Anggota. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap kaderisasi di PMII. Selain itu, para peserta dituntun untuk mampu dan cakap menjadi seorang fasilitator baik dalam kegiatan yang dilakukan oleh komisariatnya, Rayon masing masing. Baik pendidikan formal, non formal dan informal.

Dalam pelatihan fasilitator ini, ada 3 materi yang disampaikan, diantaranya materi Teori Dasar Fasilitator, Metodologi Pelatihan Transformatif PMII, Teknik Perekrutan dan Mentoring. Karena tujuannya seorang fasilitator itu harus mampu menkontruksi berfikir dialektis, pragmatis dan filosofis.

Selain itupun fasilitator harus mampu mengorganisir berbagai kegiatan, kecakapan dan terampil dalam mengondisikan diskusi, serta peka terhadap realitas sosial dan mempunyai jiwa percaya diri, humoris serta mampu menguasai materi diberbagai kegiatan.

Seorang fasilitator harus bisa menguasi forum-forum diskusi dalam kegiatan dan pelatihan yang lainnya. Harapanya setelah acara ini para jebolan kelas fasilitator mampu merekrut atau mengajak calon kader PMII ke depan.

Kontributor: Habibur Rohman

0 Komentar