Hari Pahlawan, Sebagai Momentum Merefleksikan Kembali Untuk Pemuda


Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya ( Pidato Bung Karno dalam Peringatan Hari Pahlawan 10 November 1961)

Tepat pada tanggal 10 November ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Hampir setiap tahun masyarakat atau pejabat Negara ikut merayakan sebagai bentuk hormat kepada para pahlawan.

Namun, mungkin banyak yang belum tahu mengapa pada tanggal tersebut ada salah satu rangkaiannya, yakni Hari Mengheningkan Cipta untuk mengingat para pahlawan.

Perlu kita pahami. Bahwa Momentum tersebut menurut saya tentunya bukan hanya sekadar hadiah bagi kita saja, melainkan juga  untuk mengenang jasa para pahalawan yang sudah rela mengorbankan jiwa, raga dan hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Maka dari itu kita semua wajib menundukkan kepala Mengheningkan Cipta untuk mengenang jasa-jasa mereka di Hari Pahlawan setiap pertanggal 10 November.

Memang kita tidak ikut mengorbankan nyawa seperti para pejuang di Surabaya kala itu. akan tetapi tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman.

Peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum yang tepat untuk merefleksikan kembali apa makna pahlawan bagi kita. Apakah makna tersebut hanya menjadi seremoni tanpa makna, yang tidak membuat perubahan bagi negara atau menjadi landasan dalam gerak nyata untuk membangun bangsa Indonesia. Sebagai generasi muda, harus mampu memberikan makna baru Hari Pahlawan, sebagai momentum untuk menumbuhkan rasa persatuan dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia sesuai dengan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Namun saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi konflik horisontal dalam bentuk intoleransi, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung dan konflik sosial lainnya. Ini sebagai bukti masih jauh dari cita-cita para pejuang terdahulu yang menginginkan persatuan dan kesatuan bangsa. Salah satu cara untuk mewujudkan cita-cita pejuang adalah menjadikan dan menciptakan keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia

Melalui momentum ini kita jadikan satu langkah baru dalam membangun persatuan bangsa Indonesia dan menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk kedalam sanubari yang paling dalam dan diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan terombang-ambing dan kehilangan arah di tengah arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasalah dari dalam maupun dari luar.

Untuk itu marilah kita glontarkan semangat kepahlawanan dengan dilandasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang tinggi serta kita rapatkan barisan membangun negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia menjadi bangsa bermartabat yang dapat berdiri sejajar dengan negara lain di dunia serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat terus terjaga.

Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, para pahlawan telah mengorbankan nyawanya.

Oleh karena itu, mari kita tiru semangat juang para pahlawan yang telah gugur dengan berkontrobusi terhadap setiap perkembangan bangsa Indonesia.

Selamat Hari Pahlawan.

0 Komentar