Mapaba III Ranam: Revitalisasi Spirit Sumpah Pemuda

 


-Baturno, Rayon Nyi Ageng Maloka (Ranam) telah usai mengadakan MAPABA III bertemakan "Bangkit, Tumbuh, & Berkembang dalam Pergerakan" pada 28-30 oktober 2023. Pelaksanaan MAPABA III kali ini terbilang istimewa. Bertepatan dengan hari sumpah pemuda, MAPABA III menjelma sebagai momentum bagi Sahabat/i merevitalisasi spirit kepemudaan, yang kemudian teraplikasikan di zaman yang serba tercukupkan.

Spirit tersebut bisa dijumpai dengan adanya materi fakultatif  di antara materi-materi wajib, dengan pendekatan-pendekatan yang mengedepankan unsur P4 (Peristiwa, Pembelajaran, Perasaan, dan Penerapan). Unsur P4 ini mengajak para peserta menyimpulkan hal apa saja yang mereka dapatkan dalam MAPABA III, sebagai stimulus mereka ketika dihadapkan kealaman-kealaman di kemudian hari.



Faisol Arwani, dalam sambutannya sebagai ketua rayon menerangkan bahwa kegiatan MAPABA tidak berhenti pada 3 hari, melainkan pada dua masa; kini dan nanti. Keseru-asyikan ber-PMII tidak bercukup pada forum peserta, masih ada segudang rahasia yang sepatutnya diungkap bersama-sama. Negara ini tercetus bukan oleh seorang, melainkan negara ini tercetus dengan pergerakan para pemuda yang bahu-membahu untuk bangkit dan tumbuh. Harapnya ke depan, para peserta bisa meresapi spirit para pejuang dengan berkembang dalam pergerakan.


Di samping itu, era-era sekarang bukanlah era untuk berkompetisi, melainkan kolaborasi. Sadar akan keberpihakan adalah kunci awal untuk bergerak. Apa yang mesti dibela dan diperjuangkan? Generasi muda. Apa yang mesti dilawan? Pemunduran dan pembodohan.

Salam Pergerakan!



0 Komentar